Artikel : https://www.guruberbagi.net/2018/12/indikator-penilaian-sikap-spiritual-dan.html?m=1
Indikator penilaian kompetensi spiritual antara lain:
Ketaatan Beribadah;
- Perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
- Mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama.
- Mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah.
- Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama yang dianut.
- Merayakan hari besar agama.
- Melaksanakan ibadah tepat waktu.
Berperilaku Syukur
- Perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan.
- Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka.
- Bersyukur atas pemberian orang lain.
- Mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta.
- Menjaga kelestarian alam, tidak merusak lingkungan.
- Tidak mengeluh.
- Selalu merasa gembira dalam segala hal.
- Tidak berkecil hati dengan keadaannya.
- Suka memberi atau menolong sesama.
- Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan;
- Perilaku yang menunjukkan selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan.
- Berdoa sebelum makan.
- Berdoa ketika pelajaran selesai.
- Mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan.
- Mengingatkan teman untuk selalu berdoa.
Toleransi dalam beribadah;
- Tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah.
- Menghormati teman yang berbeda agama.
- Berteman tanpa membedakan agama.
- Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah.
- Menghormati hari besar agama lain.
- Tidak menjelekkan ajaran agama lain
Indikator dari kompetensi sikap sosial antara lain:
Jujur;
- Tidak mau berbohong atau tidak mencontek.
- Mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain
- Mengerjakan soal ulangan tanpa mencontek.
- Mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari.
- Mau mengakui kesalahan atau kekeliruan.
- Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan.
- Mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman.
- Mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah.
- Membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan).
Disiplin;
- Mengikuti peraturan yang ada.
- Tertib dalam melaksanakan tugas.
- Hadir di sekolah tepat waktu.
- Masuk kelas tepat waktu.
- Memakai pakaian seragam lengkap dan rapi.
- Tertib mentaati peraturan sekolah.
- Melaksanakan piket kebersihan kelas.
- Menunjukkan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.
- Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu.
- Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik.
- Membagi waktu belajar dan bermain dengan baik.
- Mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya.
Tanggung jawab;
- Menyelesaikan tugas yang diberikan.
- Mengakui kesalahan.
- Melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan.
- Tidak pernah terlambat masuk kelas.
- Melaksanakan peraturan sekolah dengan baik.
- Mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik.
- Mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu.
- Mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman.
- Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah.
- Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas/sekolah.
- Membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan.
Santun;
- Menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat.
- Menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua.
- Berbicara atau bertutur kata halus, tidak kasar.
- Berpakaian rapi dan pantas.
- Dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah-marah.
- Mengucapkan salam ketika bertemu guru, teman, dan orang-orang di sekolah.
- Menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut.
- Mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain.
Peduli;
- Ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah (mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit atau kemalangan).
- Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki.
- Menolong teman yang mengalami kesulitan.
- Menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah.
- Melerai teman yang berselisih (bertengkar).
- Menjenguk teman atau guru yang sakit.
Percaya diri;
- Berani tampil di depan kelas.
- Berani mengemukakan pendapat.
- Berani mencoba hal baru.
- Mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah.
- Mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya.
- Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis.
- Mencoba hal-hal baru yang bermanfaat.
- Mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain.
- Memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat.
0 Komentar